Anak Futsal Wajib Tahu 10 Istilah Dalam Futsal Berikut

11 November 2020

Futsal merupakan salah satu olahraga yang sangat menyenangkan. Pemain futsal biasanya penggemar olahraga sepak bola. Futsal sendiri ada yang dibuat indoor ada juga yang dibuat outdoor. Di Indonesia sendiri kebanyakan futsal indoor yang dihadirkan. Futsal cocok dijadikan sebagai olahraga semua kalangan, karena hanya memerlukan 5 pemain dan ukuran lapangannya relatif lebih kecil. Walaupun lapangannya kecil bermain futsal sama capeknya dengan bermain sepak bola biasa. Buat anda yang gemar bermain futsa, 10 istilah dalam futsal berikut wajib anda ketahui. 

Istilah Dalam Futsal
Istilah Dalam Futsal

Diving

Diving merupakan istilah umum yang digunakan dalam futsal. Diving sendiri dapat diartikan sebagai tindakan pemain yang berpura – pura kesakitan saat dilanggar oleh lawan. Jika wasit tahu, bahwa pemain tersebut diving maka bisa diberi kartu kuning. 

Nutmeg

Di Indonesia nutmeg sendiri lebih sering disebut ngolongin. Di mana lawan digocek dengan cara mengalirkan bola di antara kedua kaki lawan. Nutmeg sendiri lebih kepada bentuk  ejekan kepada lawan, dengan mengalirkan bola tepat dibawah kolong kakinya. 

Power Play

Power Play merupakan sebuah momen ketika kiper meninggalkan wilayah gawangnya dan membawa bola ke garis tengah lapangan. Kiper bertindak seperti pemain, bukan sebagai kiper pada umumnya. Hal ini sah saja dalam futsal, hanya saja rentan kebobolan.

Tackle

Tackle sendiri merupakan gerakan menghentikan bola yang dibawa lari oleh lawan. Tackle sering juga disebut sebagai sledding. Biasanya pemain menjatuhkan diri agar dapat menghalau bola yang berada di kaki lawan. 

Interlock

Interlock atau sering juga disebut sebagai interlock futsal merupakan jenis lapangan futsal yang terbuat dari bahan plastic polypropylene (PP). Biasanya interlock ini disusun seperti puzzle pada lapangan futsal. Bahannya lembut, sehingga saat jatuh pemain tidak akan cedera. 

Drop Kick

Drop kick merupakan istilah dalam futsal untuk menyebut tendangan keras yang dilakukan oleh kiper dari garis gawangnya dengan tujuan mencetak gol ke gawang lawan. Jika berhasil memasuki jala gawang lawan, maka gol tersebut dinyatakan sah. 

Deker

Deker merupakan salah satu perlengkapan yang digunakan pemain futsal untuk melindungi tulang kering. Deker biasanya dimasukkan ke dalam kaos kaki, agar tulang kering tetap terjaga saat berbenturan dengan lawan. 

D-Area

D-Area merupakan sebuah setengah lingkaran yang letaknya berada di depan gawang. D-Area tersebut merupakan wilayah penjaga gawang, sehingga pada area tersebut kiper bisa menyentuh bola. 

Chipping

Chipping merupakan salah satu istilah untuk menyebut tendangan cungkil. Jadi saat berhadapan satu lawan  satu dengan kiper, pemain mencungkil bola agar tidak terjangkau kiper dan bola memasuki jala gawang.  

Hands Ball

Sama seperti permainan sepak bola, dalam futsal juga ada istilah handball. Hands ball adalah istilah untuk menyebutkan pemain yang menyentuh bola. Jika handball dilakukan lawan di D-area, maka diberikan penalti. Itu lah 10 istilah dalam futsal yang penting diketahui.

Bagi anda yang yang ingin berkonsultasi serta membeli produk kami dapat hubungi kami pada kontak yang tertera di www.interlockfutsal.co.id atau dapat anda klik nomor whatsapp di bawah ini.

Admin Interlockfutsal.co.id

Alamat toko :
Jakarta : Jl Bandengan Utara raya No 3A ,Pekojan,Tambora Jakarta barat.

FOLLOW
US
Di Kelola Oleh PT. SUMARA GLOBAL INDONESIA
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram