Posisi Pemain Futsal Yang Penting Diketahui

4 November 2020
posisi pemain futsal, posisi futsal
posisi futsal

Futsal merupakan salah satu olahraga yang sangat populer khususnya di kalangan anak muda. Futsal sendiri sebenarnya mirip dengan permainan sepak bola, hanya saja jumlah pemain serta ukuran lapangannya berbeda. Jika sepak bola setiap timnya diisi oleh 11 pemain, maka dalam futsal setiap tim hanya berisikan 5 pemain saja. posisi pemain futsal juga berbeda dengan pemain sepak bola. Pemain bola belum tentu jago bermain futsal begitu juga sebaliknya, karena terdapat beberapa perbedaan mencolok antara kedua jenis olah raga bola sepak ini. Buat anda yang ingin mendalami tentang futsal, berikut kami rangkum penjelasan tentang posisi serta peran setiap pemain dalam olahraga futsal. 

Kiper

Posisi pertama pada permainan futsal adalah kiper atau penjaga gawang. Sama seperti tugas kiper pada permainan sepak bola, dalam futsal juga tugas kiper untuk menjaga gawang agar tidak kebobolan. Kiper futsal harus memiliki mental kuat, karena tugasnya menahan bola hasil tendangan lawan. Ukuran gawang futsal lebih kecil dibanding gawang sepak bola pada umumnya, sehingga penyerang lawan kerap kali menendang bola sekuat mungkin agar bisa menghasilkan gol. Secara umum kiper bola menahan bola dengan seluruh anggota tubuhnya. Hanya saja dalam futsa seorang kiper tidak boleh terlalu lama memegang bola. 

Anchor

Anchor  jika diterjemahkan secara bebas artinya jangkar. Posisi anchor juga harus diisi saat bermain futsal karena tugasnya adalah menghalau bola agar tidak masuk ke garis pertahanan. Seorang anchor atau sering juga disebut bek harus kuat dalam bertahan, bisa menjaga tempo permainan, serta mampu membuka ruang bagi lawan. Seorang anchor dalam futsal tugasnya tidak hanya menjadi bek saja, tetapi juga sebagai pengatur ritme permainan. Oleh karena itu seorang anchor harus berani berguling – guling di interlock futsal

Flank

Posisi pemain futsal selanjutnya adalah flank atau bisa juga disebut sebagai pemain sayap. Jika dalam sepak bola Flank dapat diibaratkan sebagai winger. Dalam futsal seorang flank harus memiliki stamina kuat, serta memiliki lari cepat. Seorang flank harus mampu menyisir sisi pinggir lapangan futsal serta mengalirkan umpan matang kepada penyerang utama. Flank biasanya ada di posisi kiri dan kanan.  

Pivot

Posisi terakhir dalam permainan futsal adalah posisi pivot atau sering juga disebut sebagai penyerang. Seorang pivot tugas utamanya adalah mencetak gol ke gawang lawan. Oleh karena itu ia harus memiliki naluri gol yang kuat serta tendangan yang keras. Pivot harus pandai mencari posisi agar rekan setim mudah mengalirkan bola kepadanya. Selain mencetak gol, pivot juga harus mampu mengecoh pertahanan lawan agar terbuka celah bagi rekan setim untuk mencetak gol. Itu lah beberapa Posisi pemain futsal. 

Bagi anda yang yang ingin berkonsultasi serta membeli produk kami dapat hubungi kami pada kontak yang tertera di www.interlockfutsal.co.id atau dapat anda klik nomor whatsapp di bawah ini.

Admin Interlockfutsal.co.id

Alamat toko :
Jakarta : Jl Bandengan Utara raya No 3A ,Pekojan,Tambora Jakarta barat.

FOLLOW
US
Di Kelola Oleh PT. SUMARA GLOBAL INDONESIA
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram